Jasa Supir Pribadi

JASA SOPIR / SUPIR PRIBADI

Jl. Lebak Bulus 3 No. 8 Cilandak Barat Jakarta Selatan

Telp. (021) 89647947 – 087837041777 / 085779641777


JASA SUPIR, TRANS+MEAL      JAM KERJA      LEMBUR


Rp. 135.000,-                                                09 Jam             Rp. 15.000,-

Rp. 200.000,-                                               24 Jam                   –


NB : Untuk Luar Kota biaya Penginapan ditanggung Pemakai Jasa Supir / jasa driver

Keterangan :

  1. Management Fee Recrutment untuk Supir Bulanan Rp. 1,500.000,- (untuk Perusahaan) dan Rp. 1.000.000,- untuk Pribadi), Fee dibayarkan dimuka pada saat Supir sudah diterima bekerja / masa uji coba maksimum 1  bulan.
  2. Management Fee untuk jasa supir / jasa driver  Harian Rp. 50.000,-/ Supir setiap 1 x pemakaian jasa supir /  jasa driver.
  3. Segala kerusakan dan kehilangan kendaraan serta perangkatnya bukan tanggung jawab penyedia jasa supir / jasa driver.
  4. Membebaskan dari segala tuntutan hukum yang berlaku setelah terjadi kesepakatan kerja antara penyedia jasa supir / jasa driver dan pemakai jasa supir/ jasa driver

Hormat Kami,

                                                                                                                                         



 Article

Tentang Jasa Sopir / Supir

Jasa Sopir / supir Pribadi

Seorang sopir limusin di Jepang

Sopir atau supir (dari bahasa Perancis: chauffeur) adalah pengemudi profesional yang dibayar oleh majikan untuk mengemudi kendaraan bermotor. Sopir dibagi dalam dua kelompok yaitu sopir pribadi yang menjalankan kendaraan pribadi dan yang kedua adalah sopir perusahaan yang bekerja untuk perusahaan angkutan penumpang umum seperti taksi, bus, ataupun angkutan barang.

Persyaratan sopir

Sopir pribadi

Sebenarnya tidak banyak yang dipersyaratkan bagi kendaraan pribadi, biasanya yang dipersyaratkan antara lain adalah:

  • Surat Izin Mengemudi yang masih berlaku
  • Kemahiran dalam mengemudikan kendaraan
  • Pengetahuan mengenai jalatn dan tempat-tempat penting
  • Tata krama dalam memberikan pelayanan kepada majikan.

Sopir angkutan umum

Sopir angkutan umum membutuhkan persyaratan yang lebih kompleks karena menyangkut jumlah penumpang yang lebih banyak dan waktu mengemudi yang lebih panjang. Untuk itu persyaratan sopir adalah:

  • Surat Izin Mengemudi Umum sesuai dengan golongan kendaraan yang digunakan.
  • Waktu kerja dan istirahat
  • Tata krama dalam memberikan pelayanan kepada penumpang
  • Kesehatan yang prima.

Risiko pekerjaan sopir

Sopir dalam menjalankan pekerjaannya mengahadapi berbagai risiko, antara lain:

  • Kecelakaan lalu-lintas merupakan salah satu risiko pekerjaan sopir yang paling besar
  • Paparan terhadap polusi udara, karena mereka merupakan orang yang sepanjang menjalankan pekerjaannya selalu di jalan yang polusinya paling tinggi, diantaranya gas beracun Karbon monooksida, Nitrogen oksida, Hidrat arang seperti Benzena[1], Partikel lepas, Timah hitam [2]

Tips Ahli Mengemudi Dengan Baik

Ahli mengemudi bukan hanya dimiliki oleh pembalap. Apakah anda juga siap?

Jangan menjadi pengemudi yang agresif – kendalikan emosi saat mengemudi

Berteriak, menekan klakson berulang2, menginjak rem mendadak, menyalip dengan memotong jalur, mengebut,mengemudi dangan tidak patut – dapat mengakibatkan situsai menjadi tidak nyaman yang menimbulkan gangguan membahayakan pengemudi lain. Jagalah emosi saat mengemudi karena akan sangat berbahaya. Jangan mengemudi saat marah, kesal atau lelah. Hindari pertengkaran sekalipun anda benar. Mengalah dan tetap kendalikan emosi disaat mengemudi .

Hindari pengemudi agresif

Bila pengemudi lain terlihat emosional dengan anda, hindari terlibat lebih jauh. Mengalah dan jangan memandang pengemudi tersebut. Tetaplah kunci pintu dan tutup jendela anda dengan rapat. Jangan meremehkan pengemudi agresif yang dapat membahayakan anda.

Tetap waspada

Jagalah kondisi fisik dan mental anda dengan baik saat mengemudi. Istirahat yang cukup dan hindari pengaruh alcohol ataupun obat2an. Hindari kegiatan yang menggangu saat mengemudi seperti makan ataupun mengobrol.

Hindari kelelahan mengemudi

Kelelahan mengemudi – mengantuk dapat mengakibatkan pandangan mengabur karena terlalu lelah mengemudi/penat – adalah hal penting yang harus di sadari. Saat mengemudi jarak jauh, berhentilah lebih sering, untuk beristirahat atau tidur. Bacalah petunjuk jalan atau pindahkan focus mata anda pada hal lain sepert membaca petunjuk jalan yang berbeda2. Yakinkan diri bahwa anda cukup istirahat. Bila anda kehilangan konsentrasi mengemudi, berhentilah. Beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Mengemudilah dengan waspada

Selalu siap dalam segala kondisi dalam menghadapi pengemudi lain, apabila mereka tidak waspada dengan apa yang sedang terjadi – atau berpikir apa yang harus dilakukan dalam keadaan tertentu. Bila anda tidak dapat menghindari tabrakan, pilihlah resiko bahaya terkecil. Contohnya, anda dapat kesempatan lebih baik dengan keluar jalur mengemudi/area berumput dibandingkan dengan menabrak mobil di depan anda.

ETIKA PROFESIONALISME SEORANG SUPIR PRIBADI (INFORMAL)

Banyak sekali jenis-jenis profesi yang dikatakan informal,di antaranya adalah sebagai supir. Supir atau pengemudi adalah salah satu profesi yang sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Profesi ini seringkali dianggap tidak memiliki prestise dan bahkan menjadi pilihan terakhir bagi para pencari kerja. Sebagai pihak yg sangat berperan dalam kelancaran transportasi darat ini, sudah seharusnya seorang supir memiliki bekal dan pengetahuan tentang lalu lintas.Hal ini dimaksudkan agar para penumpang benar – benar merasa nyaman dan lalu lintas tetap terjaga. Misalnya, mereka harus mengetahui jika lampu merah menyala artinya stop (berhenti) atau tempat menaikkan dan menurunkan penumpang itu harusnya di halte.Namun apa yg terjadi sangatlah berbanding terbalik, terkadang di saat lampu merah menyala masih ada saja supir yg terus melaju dengan kencangnya. Di sisi sebaliknya, saat lampu hijau menyala ada bis atau angkutan umum lainnya yg masih dengan santainya terdiam (nge-tem) untuk menunggu penumpang. Dan bisa dibayangkan apa yg terjadi selanjutnya. Kemacetan menumpuk, polusi udara yg timbul dari kendaraan – kendaraan yg menumpuk itu, dan polusi suara dari klakson kendaraan yg berada di belakangnya.Namun yang penulis bahas di tulisan kali ini adalah etika supir yang lebih spesifik yakni supir pribadi.

Seorang supir pribadi tentunya berbeda dengan supir-supir pada umumnya.Hal ini di karenakan penghasilannya berasal dari bos atau majikannya.Sesuai dengan namanya, seorang supir pribadi memiliki tanggung jawab untuk melakukan kegiatan antar jemput hanya untuk majikannya saja.Berbeda dengan misal supir angkot yang mengantar khalayak umum.Oleh sebab itu,sudah seharusnya seorang supir pribadi memiliki sebuah adab atau etika yang harus di patuhi agar semua kegiatan (antar-jemput) yang dilakukannya berjalan dengan baik dan benar,karena bila seorang supir pribadi melanggar etika atau adab tersebut,pastinya akan berdampak fatal bagi dirinya,terutama karirnya.

Menurut pengamatan saya sebagai penulis,seorang supir pribadi seharusnya memiliki beberapa beberapa kriteria etika atau adab yang baik (professional) dan semestinya di patuhi,yakni :
1. Memiliki pengetahuan dan perilaku berkendara yg aman, nyaman dan positif
2. Memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap profesinya
3. Memiliki skill (kemampuan) mengemudi yang baik
4. Mematuhi segala rambu – rambu dan peraturan lalu lintas yang berlaku
5. Memiliki loyalitas tinggi dalam mengabdi sebagai supir

Kriteria pertama ialah memiliki pengetahuan dan perilaku berkendara yg aman, nyaman dan positif.Hal ini bermakna seorang supir pribadi harus mengetahui bagaimana cara pelayanan yang baik dalam berkendara untuk si majikan,seperti membukakan pintu sang majikan ketika hendak naik ataupun turun dari mobil.Bila kriteria ini di abaikan maka akan terkesan kurang etis bagi supir terhadap seorang majikannya.

Kriteria kedua ialah memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap profesinya.Hal ini dimaksudkan agar seorang supir memiliki integritas dan tanggung jawab yang tinggi terhadap profesinya,dalam prakteknya semisal tepat waktu dalam melakukan antar jemput sang majikan,hal ini sangat penting mengingat waktu itu sangat berharga,kebanyakan supir sudah melakukannya,namun sebagian yang lain sering telat dalam pelaksanaanya.Resikonya adalah kemungkinan besar sang majikan akan kesal dan mungkin saja jika hal ini sering terjadi,sang majikan tak segan-segan akan memecatnya.

Kriteria ketiga ialah memiliki skill (kemampuan) mengemudi yang baik.Hal ini sangat urgen bagi seorang supir pribadi,karena merupaka kunci utama baginya.Seorang supir jika tak memiliki criteria ini,maka bukan dinamakan seorang supir.Menguasai kendaraan dengan tidak baik akan menyebabkan hal-hal yang bersifat fatal,seperti kecelakaan,karena supir kurang sigap dan ahli dalam berkendara.Tentunya hal ini tak hanya merugikan dirinya tetapi juga sang majikan.

Kriteria keempat ialah mematuhi segala rambu–rambu dan peraturan lalu lintas yang berlaku.Berkaitan dengan poin sebelumnya,hal ini juga sangatlah penting dimiliki agar berkendara menjadi lebihaman dan nyaman.Karena peraturan dibuat untuk tujuan seperti itu.

Kriteria yang terakhir yakni Memiliki loyalitas tinggi dalam mengabdi sebagai supir.Hal ini sangatlah jarang dimiliki oleh seorang supir pribadi.Zaman sekarang loyalitas sudah bukan lagi prioritas,sebab banyak sekali godaan di luar sana yang menginginkan untuk mengganti pekerjaan.Namun jika seorang supir pribadi bias melakukannya,maka kemungkinan besar dia akan di berkan upah lebih besar dikarenakan kesetiannya dalam mengabdi untuk sang majikan.
Jadi menurut saya,kesimpulan dari tulisan yang saya buat ini adalah bahwasannya seorang supir pribadi sudah seharusnya memiliki adab atau etika yang mesti dipatuhi demi kelancaran dan kenyamanan berkendara,sebab supir pribadi itu berbeda dengan supir lain pada umumnya.Dimana ia hanya bekerja dan bertanggung jawab pada sang majikan saja dan mengabdi untuk kepentingannya.Dengan memiliki kriteria seperti yang dijabarkan diatas,seorang supir diharapkan bias menjadi seorang yang professional di karirnya. 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s